Materi PKN



LINK DOWNLOAD PRESENTASI KLIK PADA TULISAN BOR !

1.) HAM
2.) REVITALISASI & REINTERPRETASI PANCASILA
3.) PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA

Oke pertama mari kita ingat lagi tentang EMPAT TEORI FILSAFAT PANCASILA .

1.) Metafisika :
Cabang filsafat yang mempelajari asal mula segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Metafisika terdiri atas metafisika umum yang selanjutnya disebut segala Ontologi , yaitu ilmu yang membahas sesuatu yang ada dan metafisika khusus yang terbagi dalam teodesi yang membahas adanya tuhan, kosmologi yang membahas adanya manusia.

2.) Epistemologi : Cabang filsafat yang mempalajari seluk-beluk pengetahuan, dalam epistemologi , terkandung pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang pengetahuan seperti kriteria apa yang dapat memuaskan kita untuk mengungkapkan kebenaran, apakah sesuatu yang kita percaya dapat diketahui dan apa yang dimaksudkan oleh suatu pernyataan yang dianggap benar.

3.) Aksiologi : Cabang filsafat yang menulusuri hakikat nilai, dalam askiologi terdapat etika yang membahas hakikat nilai baik-buruk dan estetika yang membahas nilai nilai keindahan. Dalam etika dipelajari dasr-dasar benar salah dan bauk buruk dengan pertimbangan-pertimbangan moral secara fundamental dan praktik, sedangkan dalam estetika dipelajari kriteria-kriteria yang menyatakan sesuatu dapat disebut indah .

4.) Logika : Cabang filsafat yang memuat aturan-aturan berpikir rasional. Logika mengajarkan manusia untuk menelusuri struktur struktur argumen yan mengandung kebenaran/menggali secara optimal pengetahuan manusia berdasarkan bukti-buktinya . Bagi para filsuf, logika merupakan alat utama yang digunakan dalam meluruskan pertimbangan-pertimbangan rasional,

Kemudian kedua FASE-FASE KEHIDUPAN MANUSIA  :

a) Fase pertama : Manusia tinggal di goa, kaum laki-laki mencari makan dengan berburu binatang, mencari ikan maupun buah-buahan.
b) Fase kedua : Manusia mulai beternak hewan dan menanam buah disekitar tempat tinggal , jadi fase ini manusia telah memelihara ternak dan bercocok tanam .
c) Fase ketiga : Manusia mulai mengenal kerajinan misalnya anyam-anmyaman, membuat periuk dari tanah liat dan lain-lain.
d) Fase keempat : Kehidupan manusia kompleks dengan diikuti adanya penemuan baru seperti listrik dan pesawat telepon .

yang ketiga saya lupa soalnya apa ..

Previous
Next Post »