Perkenalan Pemasaran - Manajemen Pemasaran Pertemuan 1



Kita sudah jelas dan sangat sering mendengarkan istilah pemasaran atau yang dalam bahasa inggris biasanya kita sebut "Marketing" , Yang kita bayangkan dalam marketing pastilah terkait masalah bagaimana membuat orang lain mau membeli barang yang kita tawarkan.

Tapi apakah benar seperti itu ? Ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar.

Apa itu marketing ? Marketing atau pemasaran itu sesungguhnya adalah sesuatu kegiatan memahami pasar lalu memberi nilai suatu barang tersebut ke pasaran dan pastinya mempertahankan / menjaga hubungan jangka panjang terhadap konsumen itu sendiri.

Ada dua jenis pemasaran teman-teman. Apa sajakah jenisnya ?

1. Pemasaran Tradisional : Pemasaran yang dilakukan menggunakan komunikasi satu arah saja (Seperti pada televisi, koran dan media lainnya)

2. Pemasaran Modern : Pemasaran yang dilakukan menggunakan komunikasi dua arah (Seperti di online shop di sosial media yang sekarang pembeli bisa langsung mereview di kolom komentar dan juga langsung direspon oleh penjualnya

Dalam pemasaran kita harus mengetahui apa perbedaan anatara yang namanya Kebutuhan Dan Keinginan ..

Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi yang muncul dari rasa kekurangan. Contohnya : Ketika kamu belum makan, kamu memerlukan makanan. Makanan disini adalah kebutuhan.

Keinginan adalah sesuatu pemikiran yang muncul beranekaragam dari dalam pikiran manusia. Contohnya : Ketika kamu memerlukan makananan, yang kamu inginkan adalah nasi goreng. Nasi goreng disini disebut dengan keinginan. 

Kemudian dalam pemasaran kita akan dihadapi dengan pertanyaan ini :

Manakah yang lebih penting ?

1. Find the right customers for your product
2. Find the right products for your customers

Untuk menjawab hal diatas sebenarnya di dalam dunia ekonomi jenis perusahaan dibagi menjadi 4 berdasarkan perspectivenya yaitu :

1. Perusahaan Produksi : Perusahaan yang mengutamakan produk , jadi disini produk dibuat secara masal terlebih dahulu baru disebarluaskan kepada konsumen .
2. Perusahaan Produk : Perusahaan yang mengutamakan kualitas barang produksinya .
3. Perusahaan Penjualan : Perusahaan yang melakukan pendekatan kepada konsumennya dengan cara merayu
4. Perusahaan Pemasaran : Perusahaan yang melihat sasarannya terlebih dahulu , lalu merancang produk yang sesuai dengan permintaan pasar atau konsumen. 


lalu apakah itu manajemen pemasaran ?
Manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya


Previous
Next Post »